Home Media PSIS Rutin Kirim Pemain ke Piala Asia, Ini Daftarnya PSIS Rutin Kirim Pemain ke Piala Asia, Ini Daftarnya
  14/01/2024

Semarang - PSIS Semarang di Piala Asia 2023 kembali mengirimkan pemain yakni Wahyu Prasetyo.

Masuknya nama Wahyu Prasetyo ke daftar pemain Timnas untuk Piala Asia cukup membanggakan bagi Laskar Mahesa Jenar.

Ini artinya PSIS rutin mengirim pemain ke Timnas saat Piala Asia sejak Piala Asia tahun 2000 saat skuat Garuda lolos ke Piala Asia. Hanya di tahun 1996 saat Timnas lolos PSIS tidak mengirimkan pemain.

Pada tahun 2000, satu pemain PSIS yakni I Komang Putra menjadi salah satu penggawa Garuda pada ajang Piala Asia yang digelar di Lebanon.

Selanjutnya di tahun 2004, PSIS kembali diwakili oleh I Komang Putra dan ditambah bek sayap, Agung Setyabudi pada pagelaran Piala Asia di China.

Kemudian di tahun 2007 saat Indonesia menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Vietnam, dan Thailand, PSIS mengirimkan dua pemain ke Timnas senior yakni Muhammad Ridwan dan Maman Abdurrahman.

Hal ini tentu menjadi sebuah catatan yang cukup bagus bagi PSIS karena setiap Timnas lolos ke Piala Asia sejak tahun 2000 selalu mengirimkan pemain.

Menurut Yoyok Sukawi selaku Chief Executive Officer (CEO) PSIS, masuknya Wahyu Prast ke Piala Asia menjadi sebuah hal yang membanggakan.

"Sebuah kebanggaan bagi PSIS dimana setiap Timnas lolos ke Piala Asia sejak tahun 2000 selalu mengirim pemain. Semoga ini menjadi sejarah tersendiri untuk Wahyu Prast dan semoga Wahyu Prast juga mendapat kesempatan tampil di Piala Asia dan belajar banyak di ajang internasional seperti itu," ujar Yoyok Sukawi pada Rabu (10/1).

Sementara itu, Wahyu Prast sendiri juga mengatakan bahwa ia ingin memberikan yang terbaik untuk Timnas di ajang Piala Asia.

"Saya pribadi bisa sampai sejauh ini di Timnas tentu cukup bangga. Namun saya tetap harus belajar banyak di Piala Asia nanti dan semoga apabila mendapat kesempatan saya tentu akan memberikan yang terbaik untuk Timnas," tuturnya.

Timnas Indonesia sendiri di Piala Asia Qatar 2023 akan bertanding di Grup D dan bertemu dengan Irak (15/1), Vietnam (19/1), dan Jepang (24/1).